Rabu, 24 Februari 2010

Pesawat, Armada Garage Rock Dari Malaysia

Dengan kecintaan yang besar terhadap musik, Jipie (vokal,Gitar+Keyboard), Nizam Camel (Gitar, Backing Vokal), Kudux (Drum, backing vokal) dan Mann (Bass) sepakat untuk membentuk band yang kemudian diberi nama Pesawat. Pemilihan Pesawat sebagai nama band diakui oleh personil Pesawat sangat pas untuk menggambarkan warna musik mereka yang ´cepat dan keras´.

Kehadiran Pesawat mulai dirilik saat band asal Selangor, Malaysia ini merilis single ´Mirage´ yang kemudian mendapat perhatian dari scene musik indie Malaysia. Oleh MalayMail (tabloid berbahasa inggris Malaysia), Pesawat dijuluki ´penemuan di tahun 2008´. Hanya dalam kurun waktu dua minggu setelah single ´Mirage´ dirilis di FlyFM Campurchart, nama Pesawat dengan cepat meroket ke nomor satu chart radio.

Satu hal yang membuat nama Pesawat cepat dikenal publik Malaysia adalah peran media lokal dan internasional yang mem-back up segala hal tentang band ini. Salah satu media yang turut menerbangkan nama Pesawat adalah Channel [V]. Bersama dengan band Indonesia Nidji, Pesawat diundang untuk tampil berbagi panggung di program ´Amp Around Asia´ dan tampil di peluncuran mini seri ´Heroes Season 3´.

Melanjutkan perjalanan bermusik mereka, di bulan Maret 2009, berkolaborasi dengan Channel [V], Pesawat membuat sejarah dengan menjadi band pertama yang menggelar show case di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) dan menjadi band pertama yang meluncurkan video klip di dalam pesawat Boeing 777.

Meski terhitung sebagai pendatang baru di scene musik indie Malaysia, prestasi yang mampu diraih Pesawat bisa dibilang membanggakan untuk ukuran band baru. Sejak terbentuk dari tahun 2005, Pesawat telah meraih bermacam award bergengsi di Malaysia. Salah satunya adalah dinominsaikan untuk kategori ´Best New Act´ di Shout! Award 2009, ´Best Pop/Indie Rock Act´ Junk Sound Award 2009 dan di tahun 2010, melalui VIMA 2010 Award Pesawat meraih award untuk kategori ´Best Freaking Act Of the Year´ dan ´Song Of The Year´ untuk lagu ´Excuse Me´.

Dengan beramunisikan dua rilisan, Pesawat berencana merilis full album dipertengahan tahun 2010 ini serta merencanakan tur internasional dengan target Inggris, Hong Kong, singapura, Australia dan Indonesia.

Mau tahu bagaimana aksi panggung Pesawat? Saksikan mereka di LA Lights Indiefest Festive Sound 2010, di Bumi Sangkuriang Bandung, 20 Maret 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar